Rabu, 25 Oktober 2017

Kepercayaan Diri

Banyak kesulitan dan tantangan kerja. Inilah kiat meningkatkan kadar " PD " anda.
Merasa lemah dan tak berdaya menghadapi tantangan di tempat kerja ? tidak mampu mengembangkan karier karena tidak berani mencoba ?. Lalu, apa kiat praktis mengembangkan kepercayaan diri ?.

Kenali Diri Sendiri
Memiliki rasa percaya diri lebih merupakan pemahaman mengenai posisi kita dalam berinteraksi dengan setiap orang.

Salah satu alasan utama yang menyebabkan banyak orang merasa rendah diri adalah karena mereka takut dinilai buruk oleh orang lain.

Jangan Biarkan Orang Lain Menentukan Kehidupan Anda
Jangan buang waktu dengan membiarkan orang lain melecehkan anda. Jangan biarkan orang lain menentukan kehidupan seperti apa yang akan anda jalani. Sadarilah apapun yang terjadi pada anda dan apapun yang anda raih tergantung dari anda. Dengan kata lain, tak ada orang lain yang bisa menjalani kehidupan untuk anda.
Cintailah Diri Sendiri Tanpa Syarat Kita sering menggunakan kalimat " Saya baru merasa nyaman bila¡Ä¡Ä..sudah punya usaha sendiri, bertubuh langsing, punya suami, gaji naik dan tidak terbelit hutang dst.". Dengan kata lain, anda baru akan merasa nyaman dan mencintai diri sendiri, jika keinginan anda telah terpenuhi. Inilah yang dimaksud menyenangi diri secara bersyarat. Tak ada salahnya merasa puas dan berbangga diri bila mencapai sukses. Tapi anda akan merugikan diri sendiri, bila harus mencapai sukses dulu sebelum diri anda merasa nyaman.

Miliki Citra Diri Positif
Seseorang bisa menjadi percaya diri manakala dia mempunyai citra positif atas dirinya. Misalnya, anda berpikir anda cantik, pintar, memiliki kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain dengancara yang baik, dst. Seseorang yang memiliki citra dan pikiran positif atas dirinya otomatis dia akan merasa nyaman, bahagia, dan menerima diri apa adanya,penghargaan terhadap dirinya ( self esteem ) pun tinggi. Saat penghargaan terhadap diri tinggi, praktis orang tersebut akan termotivasi untuk bertingkah laku dengan cara baik pula. Semua itu akan membentuk konsep diri. Pada prinsipnya, kepercayaan diri merupakan persepsi subjektif seseorang akan dirinya sendiri.

Yakinlah Pada Diri Sendiri
Saat melakukan sesuatu, satu hal yang harus anda yakini, yakni anda bisa mengandalkan diri sendiri. Karena kepercayaan diri tidak tumbuh dari keahlian melakukan sesuatu, tapi keyakinan diri pada kemampuan, kerja keras kita untuk meraih keinginan.

Bersyukurlah
Bersyukur merupakan salah satu jalan untuk bisa percaya diri. Bersyukur tak hanya dimaknai dengan ucapan " alhamdulillah " tapi melihat diri sendiri ibarat gelas yang setengah berisi, bukan setengah kosong. Dengan kata lain, melihat potensi diri dan mengasahnya. Jadi, makna bersyukur disini adalah ketika kita mampu mengasah apa yang kita punya sehingga menjadi optimal. Introspeksi Diri
Tujuannya agar kita memiliki pengetahuan dan informasi tentang diri sendiri, tentang siapa sebenarnya kita. Buatlah daftar ( tulis pada sehelai kertas ) tentang hal-hal positif dan negative dalam diri, kemampuan dan hambatan diri. Jangan sampai ada yang terlewat. Penting juga mengetahui adakah harapan-harapan kita yang terlalu tinggi, yang tak realistis untuk dapat dicapai. Tandai itu.

Mengubah paradigma tentang diri sendiri menjadi sangat penting. Pintar-pintar melihat apa yang ada dalam diri sebagai " sesuatu " bahwa yang dinilai tinggi adalah hal yang kita punya, bukan yang tidak kita miliki. Tulislah hal-hal yang tidak anda sukai dari diri sendiri, yang bisa merugikan anda serta menutup kesempatan untuk meraih kebahagiaan dalam hidup

0 komentar:

Posting Komentar