Selasa, 22 Agustus 2017

kamu sudah sangat dekat dengan impian



Hidup adalah kumpulan masalah satu ke permasalahan lain, dan pastinya setiap orang punya masalah sesuai dengan keadaanya. adakah hidup yang tanpa masalah?, Sometime masalah yang terlihat besar timbul dari kumpulan masalah kecil yang sering kita abaikan.

Memang tidak selamanya hidup berjalan seperti yang kamu inginkan. Meskipun rencana yang kamu buat sudah sedemikian jelas dan detailnya, tetap saja ada kemungkinan hal-hal meleset dari rencana. B yang kamu rencanakan, E yang kamu dapatkan. Rasanya kamu sudah berusaha sekuat tenaga, dan memberikan apapun yang kamu bisa, tapi hasilnya belum sesuai harapan, karena rencana yang tidak sesuai berakhir dengan sebuah permasalahan.

Rasa frustrasi akibat jalan di depanmu terlihat buntu memang mudah membuatmu menyerah. Karena cara apapun yang kamu tempuh toh hasilnya sama saja. Daripada terus mencoba dan terus-terusan gagal, bukankah lebih baik merelakan? Kalau sudah begini, ada baiknya kamu istirahat dulu sejenak. Lupakan semua pekerjaan dan cobalah memanjakan dirimu sendiri. Jika nanti setelah pikiranmu lebih jernih dan tenang, tapi kamu tetap tidak menemukan cara lain yang masih bisa diusahakan, mungkin menyerah adalah pilihan yang sudah tepat, walau saya tidak menyarankan itu.

Apa yang membuatmu ingin menyerah adalah karena kamu tidak melihat ada pintu yang bisa dimasuki di dinding tebal di hadapanmu. Rasa tidak mungkin itu yang akan membawamu mundur sampai garis awal. Padahal terkadang bukan tidak ada harapan lagi yang terjadi, tapi kamu yang terlalu malas untuk mencari jalan masuk atau pintu-pintu yang lain. Rasa malas memang sudah ada dalam diri manusia. Sekarang tinggal dirimu yang menentukan, apakah kamu menyerah pada si malas atau berusaha mengalahkannya?

Setiap kegagalan memang membawa luka. Setiap jalan yang berujung kebuntuan memang membuat mentalmu down karena kamu harus berbalik dan mencari jalan lain yang terbuka. Tapi ingatlah bahwa kegagalan dan kesulitan diciptakan bukan tanpa makna. Semakin banyak kegagalan yang kamu alami dan kesulitan yang harus kamu lewati, semakin dirimu ditempa menjadi sosok yang lebih kuat setiap harinya. Seperti kata Kelly Clarkson, what doesn’t kill you make you stronger. Apapun yang tidak membunuhmu akan membuatmu lebih kuat, seberat apapun permasalahan itu.

Menyerah boleh saja kamu lakukan bila memang setelah pertimbangan-pertimbangan di atas kamu coba, tetap saja tidak ada perkembangan yang kamu dapatkan. Toh kita juga harus tahu kapan kamu boleh terus bertahan dan kapan kamu harus berhenti mengusahakan. Tapi sebelum pertimbanganmu final, pikirkan baik-baik dulu. Karena bisa saja, sebenarnya kamu sudah sangat dekat dengan impian, tapi kamu terlalu enggan untuk berusaha sedikit lebih keras lagi.

ketika kita tak punya bahu untuk dijadikan sandaran, masih ada lantai untuk tempat kita bersujud 

0 komentar:

Posting Komentar