Minggu, 20 November 2011

nasihat

Pernah suatu waktu saya dirundung suatu masalah, hati sedang gundah banyak masalah yang terjadi dalam kehidupan ini. seorang sahabat datang memberi sesuatu. apakah itu berupa materi... bukan sahabat karib saya datang dengan Suatu nasihat yang indah dan menyejukan. Terkadang kita pun membutuhkan nasihat, saat hati ini membutuhkanya, tapi kadang nasihat yang kurang sesuai malah bisa membuat hati gundah semakin gulana.

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan nasihat? Nasihat kurang lebih dapat diartikan sebagai segala kata-kata bijak yang diucapkan atau ditulis dengan tujuan untuk membangun dan menunjukan suatu kebenaran yang akan dapat mendatangkan kebaikan bagi siapa saja yang mU menerimanya.

Keterbatasan manusia baik dalam hal pengetahuan, pengalaman hidup. Setiap manusia pasti memiliki pengalaman hidup dan kapasitas pengetahuan serta karunia yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tuhan menghendaki agar kita bisa saling menolong, saling membantu, dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Nasihat seperti apa yang disarankan oleh Allah?, sebuah nasihat bijak dan sesuai petunjuk dan jalan yang di ridhoinya. Setiap pengalaman hidup, setiap pengetahuan yang kita miliki dan alami, diminta kita untu mampu menolong dan menuntun orang lain yang mengalami masalah serupa. Saya terkadang meminta nasihat orang tua tentang hal yang terjadi dalam kehidupan ini, karena pengalaman hidup dan kebijaksanaannya.

Dulu Menurut Ibu, Nasihat adalah bukti kepedulian kita terhadap sesama berdasarkan kasih sayang kita terhadap orang yang meminta nasihat. Ketika kecil, tentu kita banyak mendapatkan nasihat dari orangtua kita. Terkadang kita jengkel, marah, dan merasa tertekan. Tidak boleh melakukan ini dan itu. Namun, setelah kita semakin dewasa, kita mulai menyadari bahwa itu semua dilakukan bukan untuk membuat kita tertekan. Tapi karena mereka sangat mengasihi kita dan tidak ingin kita celaka.

Orangtua yang baik, sahabat yang baik, Kekasih yang baik, dan teman yang benar akan selalu memberikan kita nasihat dan memberi teguran, baik diminta maupun tidak. Itu semua mereka lakukan karena mereka peduli. Hal yang sama pasti juga akan kita lakukan terhadap mereka yang kita kasihi, bukan?

BAGAIMANA AGAR KITA BISA SALING MENASIHATI?

* Jujur Terhadap Diri Sendiri
Jujur terhadap diri sendiri berarti kita harus mau dan tidak malu untuk bertanya, meminta nasihat dari orang lain.

Jujur pada diri sendiri berarti kita harus tahu kemampuan kita. Kita harus betul-betul yakin dan sadar dengan apa yang akan kita katakan/nasihatkan. Dalam hal ini pengalaman biasanya bisa menjadi guru yang baik.

* Memiliki Kepekaan
Saling menasihati bukanlah sesuatu yang pasif dan bersifat menunggu. Saling menasihati membutuhkan inisiatif, empati, dan kepekaan dalam menilai setiap keadaan dan kondisi. Kita harus terus melatih kepekaan dan hati kita supaya kita bisa memiliki hati yang lembut dan tergerak untuk menyatakan kebenaran, meluruskan jalan dan menuntun siapa saja yang membutuhkan pertolongan. Saat ini kepekaan banyak orang sudah sangat menipis.

*Rasional
Kita harus bisa memberikan nasihat-nasihat yang rasional, tidak mengada-ada tapi sesuai dengan kondisi yang ada, serta mempertimbangkan setiap risiko yang mungkin akan muncul.
Jika kita menerima nasihat atau teguran, maka kita harus bisa menerimanya secara rasional. Melihat esensinya dan bukan cara penyampainnya. Terkadang, kita tidak bisa menerima nasihat atau teguran yang disampaikan dengan keras ketika kita menanggapinya dengan perasaan kita.

*Ketepatan
Nasihat harus diberikan pada orang yang tepat di saat yang tepat pada situasi yang tepat dan dengan cara yang tepat agar hasilnya bisa efektif. Ada saatnya nasihat perlu diberikan secara empat mata, ada yang harus disampaikan didepan orang banyak. Kita harus bisa menimbangnya dengan bijaksana.

Kita Membutuhkan Nasihat, kerena tidak selamanya kita benar, ada kalanya hidup ini keluar dari jalur yang tidak layak, atau ketika kita melakukan kesalahan baik itu sadar atau tidak sadar. Jadi akan lebih baik jika hidup ini bisa saling menasihati untuk kebaikan kita bersama. Karena tidak ada manusia yang sempurna, atau mengetahui segalanya.

Berharap kita bisa saling menasihati bila kita salah, agar tercipta kehidupan yang lebih baik. Dengan Kerendahan dan Kebesaran Hati, saya menunggu Nasihat, saran dan kritik atas tulisan ini, dapat di tujukan pada erwinarianto@...

Depok, 8 Mai 2008

0 komentar:

Posting Komentar